Tanya :
Assalamu ‘alaikum. Ustadz, kalau saya membeli padi pada saat panen (harganya murah) untuk dijual lagi di kemudian hari setelah harganya stabil (harga naik kembali), boleh tidak? Apa dalilnya? Jazakallahu khairan.

(08x71669xxxx)

Jawab :
Wa alaikumus salam wa rahmatullah wa barakatuh. Yang terlarang dalam menimbun barang dagangan baik itu berupa bahan pokok atau lainnya adalah tatkala manusia sangat membutuhkannya, kemudian dia menimbun untuk mendapatkan yang lebih banyak lagi.

Adapun jika dalam kondisi barang melimpah maka, boleh bagi seseorang untuk menimbun barang dagangan dan menjualnya kembali tatkala harga sudah stabil. Demikian dengan syarat tidak sampai memudhorotkan manusia.

Adapun dalil larangan penimbunan barang adalah perkataan Rasulullah : “Tidaklah seseorang melakukan penimbunan melainkan dia adalah pendosa.” (H.r. Muslim)

Dan maksud penimbunan ini adalah menimbun tatkala sangat dibutuhkan manusia dan dijual kembali tatkala harga semakin mahal biar mendapat untung yang sangat banyak.

Adapun seperti yang dilakukan penanya, maka tidak mengapa hukumnya (karena pada umumnya tatkala harga murah barang di pasaran melimpah) dengan syarat tidak menimbulkan memudhorotkan. Dan inilah hakikat pekerjaan penjual, mereka membeli kemudian memindahkan barang atau menunggu barang hingga harga naik kembali. Wallahu a’lam. (Ustadz Abu Rozin Bagus Jamroji,Lc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here